Betulkah Suntik Jerawat Mengakibatkan Bopeng?

Oleh: dr. Yulia W.P., M. Biomed, M. H. Kes., AIFO-K

Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Meski tidak berbahaya, timbulnya jerawat dapat sangat mengganggu penampilan dan membuat seseorang tidak percaya diri. Salah satu cara yang disarankan oleh dokter kulit untuk mengatasi jerawat membandel adalah dengan suntik jerawat. Namun, apakah suntik jerawat aman dilakukan dan apakah semua kasus jerawat dapat diatasi dengan cara ini? Betulkah suntik jerawat dapat mengakibatkan bopeng? Mari kita kupas tuntas ya pembaca sekalian soal suntik jerawat ini.

Apa Itu Suntik Jerawat?

Suntik jerawat adalah prosedur medis yang dilakukan oleh dokter untuk mengatasi jerawat yang meradang. Jenis obat yang umum digunakan adalah suntikan kortikosteroid. Prosedur ini biasanya dilakukan pada jerawat yang memiliki ukuran sedang hingga besar dan terlihat sudah mulai meradang. Jerawat yang paling cocok diatasi dengan suntik jerawat adalah jerawat yang membandel dan sudah meradang, seperti:

  1. Jerawat Papula: Jerawat ini memiliki ukuran sedang dan terlihat sudah mulai meradang.
  2. Jerawat Nodul: Jerawat ini juga memiliki ukuran sedang hingga besar dan terlihat sudah mulai meradang.
  3. Jerawat Kista: Jerawat ini memiliki ukuran besar dan terlihat sudah mulai meradang.

Suntik jerawat biasanya tidak dianjurkan untuk jerawat ringan dan tidak meradang. Dokter akan memeriksa dan menilai terlebih dahulu jenis jerawat apa yang dialami pasien sebelum memutuskan apakah suntik jerawat cocok untuk diatasi.

Apakah Suntik Jerawat Aman?

Suntik jerawat terbilang aman bila dilakukan oleh dokter yang ahli, sesuai indikasi dan sesuai prosedur. Hal ini karena penentuan dosis hingga proses penyuntikan harus disesuaikan dengan kondisi jerawat yang ingin diobati, guna mencegah munculnya jaringan parut atau penipisan kulit. Namun, tidak semua orang dapat mengatasi jerawat dengan cara suntik jerawat. Suntik jerawat tidak dianjurkan untuk dilakukan pada wanita hamil atau orang yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti riwayat penyakit hati, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Manfaat Suntik Jerawat
Suntik

Jerawat memiliki beberapa manfaat. Pertama, prosedur ini dapat mengurangi pembengkakan jerawat hampir seketika. Kedua, suntik jerawat dapat mencegah munculnya bekas jerawat pada kulit. Ketiga, suntik jerawat dapat mengatasi noda pada wajah, terutama untuk pembaca sekalian yang rentan terhadap hiperpigmentasi atau penggelapan kulit setelah berjerawat.

Efek Samping Suntik Jerawat

Meskipun sangat jarang terjadi, beberapa risiko pada kulit mungkin dapat terjadi seperti mengalami luka terbuka akibat penipisan lapisan kulit. Daerah yang mendapat suntikan juga dapat berubah warna lebih terang atau justru lebih gelap. Gurat pembuluh darah juga tampak lebih jelas atau disebut telangiektasis. Tentu ketepatan dosis dan kelihaian tenaga ahli berpengalaman sangat menentukan keberhasilan terapi ini.

Kapan Waktu yang Paling Tepat untuk Melakukan Suntik Jerawat?

Suntik jerawat biasanya direkomendasikan khusus pada yang memiliki jerawat dalam ukuran besar atau biasa disebut jerawat batu. Nantinya dokter akan menyuntikan langsung cairan steroid ke dalam jerawat tersebut satu persatu. Suntik jerawat juga sangat cocok untuk yang memiliki acara penting dalam waktu dekat atau jerawat baru tumbuh di wajah. Namun tetap konsultasikan dahulu kondisi saat ingin melakukan perawatan ini ya dan pastikan kita mengikuti arahan sesuai rekomendasi ahlinya.

Kesimpulan

Suntik jerawat adalah prosedur medis yang aman dan efektif untuk mengatasi jerawat membandel dan jerawat berat. Namun, tidak semua orang dapat mengatasi jerawat dengan cara ini. Dokter harus memeriksa dan menilai terlebih dahulu jenis jerawat apa yang dialami pasien. Suntik jerawat juga tidak dianjurkan untuk dilakukan pada wanita hamil atau orang yang memiliki kondisi medis tertentu. Suntik jerawat apabila dilakukan sesuai indikasi dan dilakukan oleh ahli tidak akan mengakibatkan bopeng dan dapat mempercepat penyembuhan pada kasus jerawat.
Daftar Pustaka
1. https://www.alodokter.com/suntik-jerawat-untuk-atasi-jerawat-membandel
2. https://www.dream.co.id/beauty/suntik-jerawat-praktis-bikin-kempes-seberapa-aman-
211206f.html
3. https://www.klikdokter.com/info-sehat/kulit/suntik-jerawat-amankah-untuk-dilakukan
4. https://www.orami.co.id/magazine/suntik-jerawat
5. https://hellosehat.com/penyakit-kulit/jerawat/dampak-keseringan-suntik-jerawat

Leave A Reply

Your email address will not be published.