Besok, Garbeta Gelar Aksi Demo Depan Kantor Gubernur

Bengkulu Utara,binews.co.id – Gerakan Rakyat Bela Tanah Adat (GARBETA) Kabupaten Bengkulu Utara Akan menggelar Aksi Damai di depan Kantor Gubernur Bengkulu, Selasa 28 Mei 2024.

Aksi tersebut dilakukan karena diduga terjadi pelanggaran yang dilakukan pihak PT. Sandabi Indah Lestari (PT. SIL) terkait Dugaan pengelolaan lahan perkebunan Sawit diluar Izin HGU (Hak Guna Usaha) yang mana lahan tersebut merupakan daerah kawasan hutan lindung, HPK dan hutan peruntukan lainnya di wilayah kecamatan Ketahun dan Padang Jaya kabupaten Bengkulu Utara.

Ketua DPC GARBETA, Suzandri menyatakan bahwa aksi tersebut akan diikuti 200 orang dan akan melakukan orasi di depan Kantor Gubernur Bengkulu sekitar pukul 11.00 WIB hingga selesai.

Adapun Tuntutan Aksi Damai 28 Mei 2024 tersebut antara lain:

  1. Meminta kepada gubernur bengkulu, kapolda bengkulu sesegera mungkin untuk membentuk tim khusus untuk segera turun kelapangan guna untuk mengecek langsung dugaan pelanggaran yang dilakukan pt. sandabi indah lestari terkait dengan pengelolaan lahan kebun di luar izin hgu di wilayah bengkulu utara
  2. Meminta kepada gubernur bengkulu untuk memerintahkan dinas lingkungan hidup dan kehutanan provinsi bengkulu untuk turun kelapangan atas dasar dugaan persusakan lingkungan pada daerah aliran sungai di kawasan perkebunan pt. sandabi indah lestari
  3. Meminta kepada gubernur bengkulu tidak lagi memberikan rekomendasi perpanjangan izin hagu bagi perusahaan perusahaan perkebunan yang telah melanggar aturan terkait dengan perizinan hgu.
  4. Meminta kepada gubernur bengkulu dan pihak aparat kepolisian yaitu kapolda bengkulu memerintahkan kepada pihak perusahaan untuk menghentikan aktivitas sebelum adanya titik terang terkait persoalan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh pt. sandabi indah lestari.(Red).
Leave A Reply

Your email address will not be published.