8 Mei 2024, Terakhir Pengembalian Berkas Calon PPS KPU Kota Bengkulu

Bengkulu,binews.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu secara resmi mengeluarkan pengumuman Seleksi Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu Tahun 2024.

Waktu pendaftaran terakhir melalui SIAKBA yakni Tanggal 8 Mei Tahun 2024 Pukul 08.00 Wib-23.59 Wib.

Berdasarkan pengumuman yang ditandatangani Ketua KPU Kota Bengkulu Rayendra Pirasad tanggal 2 Mei 2024, KPU Kota Bengkulu mengundang Warga Negara Indonesia yang memenuhi kualifikasi untuk mendaftarkan diri menjadi Panitia Pemungutan Suara dengan ketentuan sebagai berikut:

Persyaratan Anggota Panitia Pemungutan Suara:

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Berusia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun.
  3. Setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara
    Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka
    Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.
  4. Mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil.
  5. Tidak menjadi anggota partai politik, atau tidak lagi menjadi anggota partai politik paling singkat 5 (lima) tahun.
  6. Berdomisili dalam wilayah kerja PPS.
  7. Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.
  8. Berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat.
  9. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

Kelengkapan Dokumen Persyaratan:

  1. Surat pendaftaran sebagai calon anggota PPS menggunakan format surat
    pendaftaran sebagai calon anggota PPS.
  2. Foto kopi kartu tanda penduduk elektronik sejumlah 1 (satu) lembar.
  3. Fotokopi ijazah sekolah menengah atas/sederajat atau ijazah terakhir.
  4. Surat pernyataan bermaterai sebagaimana dimaksud untuk persyaratan pada huruf c,
    huruf d, huruf e, huruf g, dan huruf i yang merupakan satu dokumen surat pernyataan
    yang menyatakan :
  1. Setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tungga Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945;
  2. Tidak menjadi anggota Partai Politik;
  3. Bebas dari penyalahgunaan narkotika;
  4. Mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil;
  5. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih;
  6. Tidak pernah dijatuhi sanksi pemberhentian tetap oleh KPU Kabupaten/Kota atau Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu;
  7. Tidak menjadi tim kampanye atau tim pemenangan atau saksi peserta Pemilu atau Pemilihan pada penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan paling singkat dalam 5 (lima) tahun terakhir;
  8. Tidak ada berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu;
  9. Tidak memiliki penyakit penyerta (komorbiditas);
  10. Mempunyai kemampuan dan kecakapan dalam membaca, menulis dan berhitung;
  11. Mampu mengoperasikan perangkat teknologi informasi; dan
  12. Sehat rohani.

e. Surat keterangan sehat jasmani dikeluarkan oleh rumah sakit, puskesmas, atau klinik yang termasuk di dalamnya terdapat hasil pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol.

f. Daftar riwayat hidup menggunakan formulir menggunakan format daftar riwayat hidup.

g. Pas foto berwarna 4×6 sebanyak 1 (satu) lembar.

h. Surat keterangan partai politik mengacu pada ketentuan masing-masing partai politik
bagi calon PPS yang tidak lagi menjadi anggota partai politik paling singkat 5 (lima)
tahun.

i. Surat pernyataan bermaterai yang memuat informasi bahwa nama dan identitas calon PPS digunakan oleh partai politik tanpa sepengetahuan yang bersangkutan bagi calon PPS yang nama dan identitasnya digunakan oleh partai politik tanpa sepengetahuan yang bersangkutan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.